Kebusukan Diam

July 26th, 2009

Kebusukan Diam
Oleh: Andri Pranolo

Masih saja
kau bergumul dengan guling hayalan
enggan menyibak selimut kegelapan,
jalan terang
ada didepan, belakang, samping kirikanan
arah mana saja kau suka

Masih saja
kau bercumbu dengan romantisme angan
terbuai erotisme semuindah,
hingga saja kau tersadar
dunia dalam genggammu
terbang terbawa
aroma kebusukan diam

Tinggi saja kau terbang
sampai panggil sujud datang
kau kembali,
buai hasrat asamu
sampai sorai syukur
di gendang telingamu

Kau tunai saja cita
setitik demi segaris
selangkah demi sejalan
melewati
seribu desahlelah
jalan panjang

Cinta?
kau gadai saja
dengan pasrah istikhorohmu
lalu tebus dengan janji Ar-Rahman

Jogja 26/7/2009

Untitled?

July 17th, 2009

Untitled?
oleh: Andri Pranolo

…dan…
pikuk kesunyian
terbata
menjadi dzikir
patah.

sujud dalam-pun
mengalirkan
lautan noda.

hanya saja
hati tetap
menjadi blenggu
keasaan nafsu.

dan…
hina-pun
terjungkir
menjadi
niscaya.

Aku…
nestapa
tercabik keakuan,
tergelincir.

Aku..
hasrat kembali,
mengais suci
di jalan
cinta mahbub-NYA.

bantu aku…

Jogja, 16/07/09 02.16

[Mitsaqan-Ghalizan] Surat Buat Sahabat

July 8th, 2009

[Mitsaqan-Ghalizan] Surat Buat Sahabat

oleh: Andri Pranolo

Sahabatku,
Setelah Mitsaqan Ghalizan,
Kau telah memasuki tahapan hidup yang lebih maju
Hak keluargamu atasmu,
kini menjadi bagian suamimu.
Begitu juga sebaliknya,
kau mempunyai hak atas suamimu.

Sahabatku,
Karena suamimu,
Tarik nafasmu,
degup jantungmu, dan
setiap aktivitas dalam setiap harimu,
adalah lebih besar nilai ibadahnya dihadapan Allah SWT.

Sahabatku,
Ketika menemukan hal yang diluar keinginanmu,
kembalikanlah kepada Allah SWT.
Ketika menemukan hal yang sesuai keinginanmu,
kembalikanlah kepada Allah SWT.
Agar setiap keputusanmu menjadi kebaikan, karena sabar dan syukurmu.

Sahabatku,
Semoga cinta kalian menjadi bukti sakinah yang diharapkan,
Semoga ikatan yang terjalin diantara kalian menjadi bukti mawadah yang diinginkan,
Semoga sayang diantara kalian adalah rohmah yang dimaksudkan,
Semoga sakinah, mawadah, dan rohmahmu menjadi landasan dalam rumah syurga kalian.

Sahabatku,
Semoga kebersamaan kalian menjadi berkah bagi keluarga, tetangga, agama, bangsa, dan sekalian alam.
Semoga Allah SWT menciptakan manusia dari rahimmu manuasia yang shalih dan sholihah sebagai pemimpin umat.
Semoga Allah SWT menjadikanmu sebagai pemimpin bidadari-bidadari yang menyertai suamimu dalam kehidupan kekal yang dijanjikan.

Barakallahu laka
wa baraka’alaika
wajama’a bainakuma fi khoir.

Mudah-mudahan Allah memberimu keberkahan
dan Mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu
dan mudah-mudahan DIA mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan

Jogja, 08/07/09

Note:
Buat sahabat Amalia Febriani MCS-UGM (Sampit-Kalteng), dan Asrifah-Ipong YDHI (Kuala Tungkal-Jambi) maaf tidak dapat hadir pada acara walimatul ursy kalian.

[Ngaku Eska for Milad ke-3] Aku Keluar dari SK?

July 6th, 2009

Aku Keluar dari SK?
Oleh: Andri Pranolo

”Kehidupan itu adalah sekolah yang sebenarnya” adalah kalimat yang tertulis dalam description sekolah kehidupan yang ku baca sebelum aku memutuskan menjadi murid dalam sekolah ini.

Awal-awal masuk kelas, sapaan-sapaan akrab dan smile emotion kerap menjadi ekor kehadiranku. ”Baju”, ”sandal-jepit lusuh yang aku pake”, ”status ekonomi”, ”agama”, ”warna kulit”, dan aksesoris lainnya yang ”melekat” dalam tubuhku sama sekali tidak ada yang menyinggung dan mempersoalkan disetiap kelas yang ku masuki. Dengan sopan, mereka mempersilahkan aku ”duduk” di bangku mana saja, dengan siapa aku suka, bahkan aku bebas memilih kelas mana saja yang aku minati pada tiap waktu aku masuk sekolah. Aku merasa dihormati, nyaman untuk belajar dan bertanya tentang lintasan kehidupan yang menyambangi dengan aroma ketidakpastian. SK seolah menjadi rumah untuk mentautkan semua kegelisahan, keletihan, kebahagiaan, kesedihan, dan semua rasa yang pernah mampir dalam hariku.

Sahabat, kalian semua adalah guru yang banyak menorehkan pelajaran melalui tinta keikhalasan. Bahkan, aku dapat mengenal kalian lebih dalam dari pelajaran-pelajaran yang kalian sampaikan.

Sungguh luar biasa. Engkau semua adalah the real pahlawan tanpa tanda jasa di ”awang-awang” yang menginspirasiku untuk terus maju menapaki kerikil-kerikil kecil yang sesekali menancap di kakiku, sekaligus membersihkan ”luka menganga karena ulahku” dengan perhatian kalian.

Kebahagiaan yang tersampaikan, kalian apresiasi dengan penuh keikhlasan. Kesedihan yang ku ungkapkan, kalian lebur dengan hiburan dan motivasi yang menguatkan.

Guru dan sahabatku, rasanya makin hari aku semakin menjadi pendiam. Bahkan aku sering mbolos dalam waktu yang lama. Sekali-kali, memang, aku mengintip melalui celah cendela kelas untuk sekedar melihat apa yang sedang kalian pelajari. Namun, aku semakin sadar tertinggal jauh dari kalian, dan aku mulai malu untuk menyapa kalian.

Sahabat tidak terasa sekolah kita sekarang akan/memasuki usia yang ke-3. Rasanya baru Ramadhan (September 2007) kemarin dengan segala keterbatasan, aku didaulat menjadi Ketua/Koordinator Wilayah Yogyakarta oleh Mas Suhadi (Sekretaris SK Pusat pada Kabinet Mas Nursalam). Pada Milad ke-2 Situ Gintung (Juli 2008), aku dengan bangga menerima potongan nasi tumpeng dari pak Sinang sebagai perwakilan yogyakarta dan berdiri bersama wakil SK dari daerah lain, serta terakhir pada ”1000 cinta untuk 1000 mushola, serta Launching Buku MC dan Kolak Ramadhan” aku masih berdiri-bungkuk menyampaikan sedikit berkah sekolah kita kepada kehidupan sekitar pada September 2008. Namun, sekali lagi aku malu dan mohon maaf kepada semua guru dan sahabatku. Banyak yang aku terima dari kalian dan dari sekolah ini, tetapi tidak ada kontribusi dan capaian yang patut dibanggakan untuk mengembangkan sekolah kita ini dalam wilayah amanahku. Bahkan terkahir, tanggung jawab sebagai Tim Website pada kabinet ESKAVAGANZA (pimpinan Kang Dani) tidak tertunaikan dengan baik.

Guru dan sahabatku, walaupun demikian aku tidak malu untuk meminta agar aku bisa tetap diterima sebagai murid dan sahabat kalian. Walaupun aku pernah khilaf minta keluar dari sekolah ini. Namun, nasihat singkat sahabat mengingatkanku bahwa aku adalah bagian dari kehidupan yang harus terus belajar, dan Sekolah Kehidupan adalah pelajaran-kehidupan-kalian yang dapat aku ambil untuk belajar.

Selamat Milad ke-3 Sekolah Kehidupan, semoga muatanmu tidak pernah kering dari torehan tinta keikhlasan ahli hikmah kehidupan (yaitu, kalian sebagai sahabat sekaligus guruku).

Jogja, 05/07/09; 21:53

Taubat

July 5th, 2009

Dalam hening

letih jiwa morona
menggisik kehampaan taubatku

Dalam sujud

KAU tampakkan alur aibku
dalam linang bening ciptaMU.

Jogja 05/07/09

Maaf

May 16th, 2009

Maaf? Tidak usah.
Kau sudah kumaafkan.
Walau…
Aku tak pernah tahu.
salahmu. salahku.

Ketika…
jasad-hati tidak dapat bersatu.
Apakah itu kesalahan?

Sudahlah.
Kau tak akan pernah kulupa.
Kau sudah kumaafkan.

Pergilah.
Jalanmu masih panjang.
Jalanku juga.

Kalau ada kehendaknya.
Tidak mustahil.
Kita bertemu…
dijalan yang kita tuju.

Mantan?

December 14th, 2008

Ahad pagi itu. Semburat sinar matahari yang masih malu-malu, semakin memperkuat hentakan kakiku bersemangat lari untuk segera sampai ke lapang  basket yang “disihir” jadi lapang futsal. Berbeda dengan biasanya, pertandingan kali ini adalah persahabatan antara Tim Futsal Masjid Anwar Rasyid (Tim-ku) dan KAMMI Komsat UIN Suka.

Setibaku di lapang, beberapa teman dan tim tamu terlihat sedang melakukan pemanasan. Disudut yang lain anak-anak  yang juga santri TPA tempatku mengajar. Mereka bermain sepak bola, dan sebagian lainnya bersepeda di sekitar lapang.

Setelah peregangan sebentar, pertandingan dimulai. Mantan ketua KAMMI karena sebagai pengurus masjid ditempatku turut masuk ke dalam tim Futsal Masjid, dan aku sendiri, karena mantan anggota KAMMI dan pengurus masjid juga masuk de dalam tim Futsal Masjid.

Ditengah permainan, setelah mencetak  3 Gol (he he..), aku minta teman yang dibangku istirahat untuk menggantikan. Aku bergabung dengan anak-anak yang juga santri di TPA-ku yang seusia SD. Menyapa salah seorang santri “Ehm… HP(baca: ponsel)-mu bagus lho dik..!” . “Bukan punyaku kok, ini punya mas Teguh (salah satu temanku)”. Jawabnya. Beberapa yang lainnya juga menunjukkah HP-nya. Ups.. harus muji semua ni (dalam benakku). “Punyamu bagus kok dik, punyamu juga, punyamu juga, punyamu juga…, pokoknya semuanya bagus deh..! he… he…” ujarku.

Aku terkaget-ketika salah seorang merespon kemudian berkomentar “lebih bagus punya Mantan Ibu-ku.!”. Ups..! bahaya ni, emang ada ya mantan ibu? (dalam benakku).

Sebelum dia melanjutkan komentarnya aku langsung potong….”heyyyy, santri, sebentar tak cerita, tolong perhatikan yaa….. Tidak ada mantan ibu, mantan bapak, mantan sodara, mantan guru. Ibu, bapak, sodara, dan guru kita selamanya akan tetap menjadi Ibu, bapak, sodara, dan guru kita”. Belum selesai aku bicara santri yang tadi komentar, dengan cepat memotong pembicaraanku “Dia-kan hanya melahirkan aku, sekarangkan sudah bercerai dengan ayahku, jadi bukan ibuku lagi” .. Astaghfirullahal’adziim, sapa sing ngajari kaya ngene ki…! aku semakin terperanjat, kaget.!, seriuss kaget banget.!.

Pagi itu diskusi berlanjut, khusus membicarakan mantan, yang lainnya ada yang bertanya “kalo pacar disebut mantan pacar betul ustadz?”, yang lainnya ada yang bertanya dan mengambil dengan mengambil contoh mantan presiden, mantan ketua,  mantan anggota, mantan kepala, dan mantan-mantan yang lainnya.

Sayang kami belum sempat menyimpulkan tentang kriteria mantan dan bukan mantan. Ada yang dapat membantu?

E-Learning Award 2008

December 5th, 2008

Pada hari Senin, 15 September 2008 Pustekkom Jakarta telah memutuskan pengadaan kegiatan yang berupa pemberian penghargaan kepada masyarakat yang telah mengembangkan dan atau memanfatkan Teknologi untuk pembelajaran. Kegiatan tersebut adalah E-Learing Award 2008 ( www.e-dukasi.net/elearningaward ). Pelaksanaan penjurian dilakukan oleh 2 tim juri yaitu Juri Inti dan Juri Teknis. Juri Inti akan menilai tahan 2 dan 3 sedangkan juri teknis akan melakukan penilaian pada tahap 1.
Hasil rapat Pustekkom dengan Juri Inti yang terdiri
1. Betty Alisjahbana (http://betti-alisjahbana.blogspot.com/)
2. Indra Utoyo - Direktur PT. Telkom
3. Maswigrantoro - Ketua Mastel
4. Abdul Rahman - Direktur Detik.com
5. Romi Satria Wahono - Founder ilmukomputer.com (www.romisatriawahono.net)
Memutuskan:
Kategori: Learning Corporate, Perguruan Tinggi/komunitas, dan Sekolah
1. Anas - Pustekkom
2. Uwes - Pustekkom
3. Harry Budi Santoso - Fakultas Ilmu Komputer - UI
Kategori: Software Pembelajaran & Telekolaborasi Online
4. Kentut - Pustekkom
5. Asep Zaenal Rahmat - Koordinator TIK dan guru Guru SMA 5 Bogor
6. Budi Setiono – Koordinator TIK dan guru SMA 1 Sewon
Kategori: Blog Edukatif Perguruan Tinggi/kominitas dan Sekolah
7. Taufik Syah – Kepala Program Jurusan Multimedia, SMK 41 Jakarta
8. Amiruddin – Koordinator TIK dan guru SMA 17 Makasar
9. Harry Anggono - Koordinator TIK dan guru SMK 2 Lampung

Pengalaman yang sangat menyenangkan adalam memperhatikan, menilai WEB demi WEB dari setiap peserta. Ternyata dengan WEB sharing informasi terbuka sangat luas. Dengan demikian pengalaman dari peserta bisa diambil yang bermanfaat dan menarik.
Kriteria penilaian adalah :
a. Umum 20 persen
b. Khusus 80 persen
1. Usability
2. Sistem Navigasi
3. Graphic Design
4. Contents / Isi
5. Interaktif

Adapun peserta dalam acara ini antara lain:
Peserta Katagori Blog Pendidikan Tinggi dan Komunitas
1. Heribertus heri istiyanto,S.Si; www.istiyanto.com
2. Universitas Kanjuruhan Malang; http://elearning.ukanjuruhan.ac.id/
3. Andri Pranolo UGM; http://apranolo.staff.ugm.ac.id
4. Romi Satria wahono; http://romisatriawahono.net/
5. Teuku Maulana; maulana.uni.cc
6. Drs. Sumbo Tinarbuko, MSn; http://www.desaingrafisindonesia.com
7. Ardan Sirodjuddin,S.Pd; daffa_akhtar.blog2.plasa.com
8. Hendra W Saputro; http://www.hendra.ws
9. KPLI Majapahit; http://majapahit.linux.or.id/majapahit
10. MT wilson; nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/tanzir
11. Nurul Hidayat Dosen TI UnSoed; nurul.unsoed.net
12. Budi Hermana; nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/bhermana
13. mohammad iqbal; tuansufi.wordpress.com
14. raziq Hasan; nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/raziq_hasan
15. Achmy Fanzy; www.4113n.com
16. Anggun Gunawan; www.grelovejogja.wordpress.com atau www.gun84.co.cc
17. Rachmad Saleh; www.sal3ho.multyply.com
18. Agus priyanto; pribagus.blogspot.com
19. Yudy Jaunary,S.Kom; www.yudyspn.blogspot.com
20. Soetrisno; www.chem-is-try.org
21. Ir.Wahyu Sardjono; www.wahyusardjono.com
22. Dian Ardyansah,Spd.T; akhdian.wordpress.com
23. Hendro Nugroho; www.3dkartun-mx.blogspot.com
24. Firdaus; http://firdauslinux.info/
25. Yogi Kristianto; www.blogboleh.com/greedisland
26. Akeda bagus july; www.gedex.web.id
27. Adhi prasetio; http://prothelon.com
28. Zulkipli; www.izul.co.cc
29. Puji Susanto; www.vb-bego.com atau www.vb-bego.net
30. Achmad Solichin; www.achmatim.net
31. Ardhan Sirodjuddin,S.Pd.; www.ardhandirojuddin.wordpress.com
32. dhimas Ronggobramantyo; www.dhimasronggobrahmantyo.com
33. Balai Pengembangan kegiatan Belajar Prov DIY; www.paudcenter.info
34. Euis Marlina; www.adeisti.blogspot.com
35. Hafid Mukhlasin; www.delphiscript.blogspot.com
36. e-learning jogja; herman.elearning-jogja.org
37. agus fikri rosjadi; www.agus-fikri.blogspot.com
38. Anton Hilman; http://www.hilman.web.id
39. Cakrawala Bisnis Media Online; www.cakrawalabisnis.blogspot.com
40. Baba Studio; http://tutorial.babastudio.com
41. Dunia Esai; http://duniaesai.com
42. Indonesian Civics Education; http://civicseducation.wordpress.com
43. RosihanAri.net; http://rosihanari.net
44. Komunitas Pendokumentasian Pengetahuan; www.rumahpengetahuan.wen.id
45. Amin Herwansyah; http://aminhers.wordpress.com
46. Dongeng geologi; rovicky.wordpress.com
47. Anggun Gunawan Zone; http://gun84.co.cc
48. Iswahyudhi Nur Rahman; www.ageofstory.blog.com
49. Rayakultura.net; http://www.rayakultura.net
50. Azmifauzan.net; http://www.azmifauzan.net www.belajarpemrograman.net
51. Eneng Sinarti, S.Pd; http://www.nursafar.blogspot.com
52. Fitra Luthfie Averroes; http://goleklayangan.wordpress.com
53. Muhammad Adri; http://muhammadadri.net
54. MagicMathic’s; http://tutorial.magicmatics.com
55. Binjai.Net; http://www.binjainet.co.cc
56. Komunitas IT Blog; http://komunitas-it.blogspot.com
57. Universitas Sebelas Maret; laelnino.co.cc
58. Universitas Sebelas Maret; http://revealvina.blogspot.com
59. Universitas Sebelas Maret; http://inspiringhim.co.cc
60. Anisa Widya Kirana (Poppy); http://thebeautyofsoul.blog.com
61. Universitas Sebelas Maret; http://black4rez.co.nr
62. Universitas Sebelas Maret; http://bocah-bumi.blogspot.com
63. Universitas Sebelas Maret; http://www.zonahijau.co.nr
64. Sumbo Tinarbuko; http://sumbotinarbuko.tk
65. Kumpulan Soal UAN-Indonesia Final Exam Resource; http://soal-unas.blogspot.com
66. www.Finderonly.com; http://www.Finderonly.com
67. Universitas Sebelas Maret; http://godhongenom.co.nr
68. Universitas Sebelas Maret; http://pikiran-gila.blogspot.com
69. Universita sebelas maret; www.matsuokumiko.blogspot.com
70. Agung Dwi Andriyatmoko; http://androes.wordpress.com
71. Hendi Hendratman; http://www.hendihen.com
72. Universitas sebelas maret surakarta; http//www.coew1.wordpress.com
73. Masino Sinaga; http://www.masinosinaga.com
74. Hendra W Saputro; http://www.hendra.ws
75. CV. Bali Orange Communications; http://www.baliorange.web.id
76. PENS ITS; http://lecturer.eepis-its.edu/~epit/
77. Majalah LInux Baliwae; www.majalah-linux.baliwae.com
78. TKJ Community; ww.blog.tkj-pontianak.com
79. A. Benny Mutiara; nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/amutiara
80. I Made Wiryana; http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/mwiryana
81. Program Studi Farmasi Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan; http://biomolfaunsoed.wordpress.com
82. Ranti Wiliasih; rarantiti.blogspot.com
83. Pendidikan Network Indonesia; http://
84. Universitas Sebelas Maret; www.inongspace.blogspot.com
85. Universitas Sebelas Maret; riezki_fitri.blog.friendster.com/about
86. KPLI Cilegon; cilegon-linux.org
87. Achmad Solichin; http://achmatim.net
88. Institusi Jaringan Homeschooling; www.sumardiono.com
89. Institusi Jaringan Homeschooling; www.rumahinspirasi.com
90. Jonru; http://jonru.net
91. Pengelola tipsdesain.com; http://tipsdesain.com
92. Universitas Sebelas Maret; http://bayuprn.co.nr
93. Universitas sebelas maret; lilpinguin.blogspot.com
94. Universitas sebelas maret; madarawannabe.blogspot.com
95. HIMASTER FMIPA Universitas Sebelas Maret; www.ilkomp.com
96. Asnawi, ST.; http://blog.asnawi.com
97. Blog aku ingin hijau; http://akuinginhijau.wordpress.com
98. Vandy 165 Dot Com; http://vandy165.com/
99. Coretan Kelambu; http://coretankelambu.wordpress.com
100. Media Pertanian Online Anda; http://situshiaju.co.id
101. Anton Mujahir; http://rumahtulisan.wordpress.com
102. Poltak Simanjuntak; http://poltak.simanjuntak.or.id
103. Klinik S.E.R.V.O; http://klinikservo.wordpress.com/
104. Wage Indrya Nugraha; http://wagenugraha.wordpress.com
105. MADE MARIANA; www.singaraja.wordpress.com
106. Http://www.vavai.com; Http://www.vavai.com
107. B4D3 consultans; www.batikyogya.wordpress.om
108. Balai kajian dan pengembangan budaya melayu; www.melayuonline.com
109. Forum Teknik Kimia Ubaya 2001; tekkim2001.wordpress.com
110. Mudji Basuki (pribadi); http://mudji.net
111. Collector’s blog; www.m4rnos@yahoo.com
112. Kunaifi; http://kunaifi.wordpress.com
113. Rumah Kanker; http://rumahkanker.com
114. Eecchhoo.wordpress; http://eecchhoo.wordpress
115. aororaperations (individu); http://aororaperations.wordpress.com
116. Nyoman Sutarsa (KISARA PKBI Provinsi Bali); www.nyomansutarsa.wordpress.com,
117. Dani Iswara (individu); http://daniiswara.net/
118. SMA Insan Cendekia Al Kausar; http://smarteconomic.wordpress.com
119. M. Nasrudin (Bila lisan tak lagi abadi); http://nasrudincakep.blogspot.com
120. Andi Purwanto; http://andyku.wordpress.com
121. Adi Asriadi; http://adia08.wordpress.com

Peserta Katagori Blog Edukatif Sekolah
1. SMPN 1 Ciseeng
2. SMK PGRI 3 Malang
3. SMAN 10 Melati Samarinda
4. Rudy Hilkya,S.Pd
5. Drs. Dedi Dwitagama, MM, MSi
6. SMKN 6 Jakarta
7. Suradi Masikki
8. Budi Setiadarma
9. URIP ( Man Pangkalan Bun Kalimantan Tengah )
10. SMK Yamsik Kuningan
11. SMPN 4 Cimahi
12. Sekolah Global Jaya
13. Agus Mulyono
14. Saverinus Kaka
15. Bernardus Bubun
16. Bernabas Leovon
17. Sri Budi wardhani
18. Yuliana Budi Widayanti
19. Th.Anna S.
20. Jounneke Rarungkuan
21. C.Woro H
22. Dharma Anjarrahman
23. Chatarina Dwi Risti
24. Roman Dwi N
25. SMPN 1 Cikupa
26. SDN Karangayu 02
27. SMPN 13 Bandung
28. SMAN 2 Pahandut
29. SMA Kolese De Britto
30. SMP Nasional KPS Balikpapan
31. SMP Nasional KPS Balikpapan
32. SMK Negeri 1 Boyolali
33. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta
34. SMAN 7 Denpasar
35. SMPN 9 Kota Sukabumi
36. SMA Tarsisius 2
37. SMA Tarsisius 2
38. SMA Tarsisius 2
39. SMA Tarsisius 2
40. SMA Tarsisius 2
41. SMA Tarsisius 2
42. SMA Tarsisius 2
43. SMA Tarsisius 2
44. SMA Tarsisius 2
45. SMA Tarsisius 2
46. SMA Tarsisius 2
47. SMAN 53 Jakarta
48. SMP Nasional KPS Balikpapan
49. Vandy Rahmat Pradiktya
50. Sekolah Alam Ar-Ridho (PG-TK-SD-SMP)
51. SMP 2 Pegandon
52. SMK Negeri 1 Balige
53. SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang

sumber: http://harryanggono.blogspot.com/2008/12/e-learning-award-2008.html

BRANCH PREDICTORS

December 4th, 2008

PENGANTAR

Keberhasilan usaha produsen alat pemroses untuk meningkatkan kecepatan prosessor sangat signifikan. Evolusi perkembangan ini semakin membuktikan Hukum Moore yang menyatakan bahwa produsen keping prosessor setiap tiga tahun akan dapat menciptakan generasi baru dengan jumlah transistor empat kali lipat pada setiap keping (Stallings, 2003). Stallings (2003) juga memberikan fakta sejak intel meluncurkan keluarga prosessor X86 pada tahun 1978, penambahan rangkaian baru dan pengurangan jarak antar rangkaian dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja mikroprosessor sebesar empat kali atau lima kali setiap tiga tahun.

Fog (2008) menggambarkan pada sebuah mikroprosessor sederhana, semua instruksi ditangani dalam dua langkah, yaitu decoding dan eksekusi. Mikroprosessor dapat menghemat waktu eksekusi instruksi dengan men-decode sebuah instruksi selama proses eksekusi instruksi lain sedang dikerjakan. Prinsip ini disebut dengan pipelining. Pipelining, merupakan fitur standar prosesor tipe RISC (Reduced Instruction Set Computing), yang dapat digambarkan persis seperti barisan antrian. Menurut Gajski dkk. (1992) teknik pipelining membagi instruksi kedalam stage-stege dan menempatkan (latched) stage satu setelah stage lainnya. Dalam kondisi ini prosesor dapat mengerjakan langkah-langkah instruksi lainnya pada waktu yang sama, sehingga beberapa instruksi dapat dieksekusi dalam periode waktu yang singkat (http://cse.stanford.edu), sehingga Pipelining dapat meningkatkan kinerja prosessor (Gajski dkk., 1992).

Lebih lanjut Fog (2008) mengungkapkan permasalahan muncul ketika prosessor harus mengkesekusi percabangan instruksi. Percabangan instruksi merupakan implementasi dari what of analysis if-then-else. Yaitu ketika if pada kondisi true, maka proses akan menuju ke lokasi lain, dan jika if kondisi false maka prosessor akan mengeksekusi instruksi selanjutnya. Hal tersebut mengakibatkan delay pada aliran intstruksi yang melalui pipeline, karena prosessor tidak mengetahui instruksi mana yang harus dieksekusi sampai selesai melaksanakan instruksi percabangan. Kondisi ini akan mengganggu aliran kerja konstan mikroprosessor yang berakibat menurunnya kecepatan eksekusi instruksi (Stallings, 2003).

Semakin panjang pipelines mengakibatkan waktu tunggu juga semakin lama dan berakhir sampai diketahui instruksi yang akan dimasukkan ke dalam pipelines diketahui (Fog, 2008). Mikroprosessor modern cenderung mempunyai pipelines yang panjang, sehingga percabangan yang terjadi akan menjadikan permasalahan performance prosessor. Stallings (2003) memberikan beberapa teknik untuk mempertahankan kecepatan atau kinerja optimal pada desain prosessor, yaitu Branch Prediction, Data Flow Analysis, dan Speculative Execution.

Pada paper ini akan dibahas tentang Branch Prediction sebagai teknik penting untuk menjaga performance prosessor modern (Heil dkk., 1999) dan sebagai solusi untuk penanganan permasalahan percabangan (dependensi) instruksi pada pipelines (Stallings, 2003; Fog, 2008).


CARA KERJA BRANCH PREDICTORS

Stallings (2003) mendeskripsikan cara kerja teknik Branch Predictors, yaitu prosessor melihat kode instruksi selanjutnya dari memori, kemudian memprediksi percabangan atau kelompok instruksi yang mirip untuk diproses berikutnya. Apabila perkiraan prosessor benar pada bebarapa waktu tertentu, prosessor akan mengambil instruksi-instruksi yang benar dan menyimpannya di dalam buffer, sehingga prosessor selalu dalam keadaan sibuk. Prediksi Branch predictors tidak hanya pada sebuah percabangan selanjutnya, tetapi juga beberapa cabang berikutnya.

Penelitian Branch prediction untuk mendukung performance prosessor modern dalam menangani percabanan instruksi telah banyak dilakukan. Branch Predictor dinamis yang pertama untuk mengambil prediksi percabangan didasarkan pada history informasi lokal. Sejak itu, Branch Predictors mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan branch predictor ditentukan diantaranya oleh 3 (tiga) kategori dasar (Heil dkk., 1999), yaitu:

1. Penambahan path global dan history informasi
2.
Teknik mengkombinasikan antara history global dan lokal
3. Mengurangi hambatan melalui skema peng-indeks-an tabel yang lebih baik

Gambar 1. Branch Predictor melalui speculative execution. Sumber: Heil dkk. (1992)

Sampai saat ini, hampir seluruh kondisi Branch Predictors masih diusulkan menggunakan kontrol aliran informasi sebagai input-input dasar, termasuk percabangan yang dihasilkan atau cabang PC (Program Counter). Disamping meningkatkan jalur yang telah ada, predictors mengkombinasikan tipe informasi yang sama untuk meningkatkan jalur yang baik. Mispredicted pada percabangan mengakibatkan teknik Branch Prediction mempunyai pengaruh yang negattif untuk meningkatkan performance prosessor.

Gambar 1 memberikan ilustrasi metode untuk menintegrasikan data values ke dalam branch prediction yang dikenal sebagai speculative branch execution (Heil dkk. 1992). Fog (2008) memberikan contoh ketika terjadi 4 (empat) kali percabangan pada kondisi yang sama, maka pada pemrosesan berikutnya juga diduga akan terjadi percabangan yang sama. Prediksi ini digunakan oleh mikroprosessor untuk menentukan instruksi yang akan dimasukkan ke dalam pipelines (buffer), sebelum mikroprosesor benar-benar yakin terjadi percabangan pada instruksi. Semua perhitungan yang berdasarkan prediksi akan diabaikan jika prediksinya salah, tetapi apabila prediksi benar maka waktu yang dibutuhkan untuk eksekusi instruksi menjadi lebih singkat (Fog, 2008).

Speculative branch execution membutuhkan satu atau dua akses terhadap tabel serial (tergantung pada data-value predictor yang digunakan) dan menggunakan history percabangan atau data-value, tetapi tidak dapat menggunakan keduanya. Gambar 2 menunjukkan skema speculative branch execution menggunakan prediksi data-value dengan ukuran yang tidak terbatas. Dibandingkan dengan percabangan statis skema tersebut tingkat akurasinya lebih baik (Heil dkk. 1992).

Gambar 2. penggunaan data-values secara langsung untuk memprediksi percabangan.

MISPREDICTED

Gambar 3. mispredicted pada 20 Stage pipelines. Sumber: (Acιiçmez dkk.)

Instruki yang bersifat spekulatif dibuang dari pipelines dan prosessor memulai eksekusi dari jalur setelah terjadinya mispredicted (Acιiçmez dkk.). Pada gambar 3 dapat diperhatikan gambaran “20 stage Misprediction Pipelines” Prosessor Intel Pentium 4, yang menunjukkan alamat ketika terjadi bottlenecks dan eksekusi instruksi spekulatif setelah percabangan. Pada kondisi tersebut, prosessor membutuhkan informasi :

- Hasil percabangan. Prosessor harus mengetahui hasil percabangan (Taken atau Not Taken) untuk mengeksekusi urutan instruksi yang benar. Informasi ini tidak langsung tersedia ketika terjadi percabangan, untuk itu prosessor harus mengeksekusi percabangan untuk memperoleh informasi stages selanjutnya di dalam pipelines untuk diekseskusi. Ketika menunggu hasil percabangan, prosessor mencoba untuk memprediksi urutan instruksi yang akan dieksekusi selanjutnya. Prediksi ini didasarkan pada history percabangan yang sama/mirip antara percabangan sebelumnya yang telah dieksekusi dengan percabangan yang akan diproses.

- Target alamat percabangan. Prosessor mencoba menentukan percabangan ke dalam dua kategori Taken dan Not Taken. Jika prediksi keluar dari Taken, maka instruksi pada alamat target diambil dan dikeluarkan. Pengambilan instruksi dari alamat target membutuhkan informasi alamat tersebut. Seperti halnya hasil percabangan, target alamat juga dimungkinkan tidak tersedia secara langsung. Untuk itu, Prosessor akan mencoba untuk mengambil record target alamat percabangan sebelumnya yang dieksekusi pada pipelines (buffer), yang dikenal dengan Branch Target Buffer (BTB).

Gambar 4. Arsitektur Branch Predictors. Sumber: Acιiçmez dkk.

Gambar 4 mendeskripsikan Branch Prediction Units (BPU) yang terdiri dari 2 bagian utama, yaitu BTB dan Predictor. BTB adalah buffer tempat prosessor menyimpan alamat target pada percabangan sebelumnya. Ketika ukuran buffer terbatas, prosessor cukup menyimpan nomor alamat target pada buffer atau menumpuk/mengganti alamat sebelumnya yang tersimpan di buffer. fungsi dan arsitetektur BTB sangat mirip dengan cache biasa, dan digunakan sebagai cache untuk melihat alamat target percabangan sebelumnya yang menunjuk ke alamat instruksi tertentu. Predictor adalah bagaian dari BPU yang melakukan prediksi hasil percabangan. Yang termasuk bagian-bagian predictor, yaitu Branch History Registers (BHR) seperti Global History Register atau Local History Registers, and Branch Prediction Tables, dan lain-lain (Acιiçmez dkk.).

ALGORITMA BRANCH PREDICTORS

Jiménez memberikan contoh algoritma Branch Predictor sebagai berikut:

Parameter atau variable yang digunakan dalam algoritma:
GHL
Global history length
GHR
Global History shift register
GA
Global Array alamat percabangan sebelumnya
W
n × m × (GHL + 1) array (larik) bertipe small integer

CONTOH PEMANFAATAN BRANCH PREDICTORS

Branch Predictors UltraSPARC-III memiliki (Co, 2001):

Pipeline 14-stage, prediksi percabangan akan diakses saat mengambil instruksi pada stage 2-3

16K-entry 2-bit counter Gshare predictor

Bimodal predictor, melakukan operasi XOR terhadap bit-bit PC dengan global history register (kecuali 3 bit dibawahnya) untuk mengurangi alias.

Miss queue

Membagi mispredict penalty dengan menyediakan instruksi yang siap untuk di proses

Pada UltraSPARC-III yang menggunakan Bimodal Branch Prediction memiliki sebuah tabel masukkan berukuran 2 bit yang berisi salah satu dari 4 state sebagai berikut :

00 : Strongly Not Taken
01 : Weakly Not Taken
10 : Weakly Taken
11 : Strongly Taken

Gambar 5 menunjukkan state dan tebel untuk menggambarkan branch prediction model Bimodal Prediction :

(a)
(b)

Gambar 5. Model prediksi percabangan menggunakan bimodial prediction. (a) Diagram state; (b) Penggunaan diagram state pada tabel pipelines. Sumber : Co (2001).


DAFTAR PUSTAKA

Acιiçmez, O., Ç.K. Koç, dan J.P. Seifert. On the Power of Simple Branch Prediction Analysis. http://eprint.iacr.org/2006/351.pdf. Tanggal akses 12 November 2008, Jam 07.02.

Co, M. 2001. Intro to Branch Prediction. Department of Computer Science University of Virginia. http://www.cs.virginia.edu/~skadron/cs654/slides/bpred.ppt. Tanggal Akses 12 November 2008, Jam 07.30.

Fog, A. 2008. Branch prediction in the Pentium family: How the branch prediction mechanism in the Pentium has been uncovered with all its quirks, and the incredibly more effective branch prediction in the later versions. http://www.x86.org/ articles/branch/ branchprediction.htm. Tanggal Akses 11 November 2008, Jam 17.00 WIB.

Gajski, D.D., N.D. Dutt, A.C-II Wu, dan S.Y-L. Lin. 1992. High-Level Synthesis Introduction to Chip and System Design. Kluwer Academic Publisher. Boston/Dordrecht/London. 358p.

Heil, T.H., Z. Smith, dan J.E. Smith. 1999. Improving Branch Predictors by Correlating on Data Values. http://www.ece.wisc.edu/~jes/papers/micro99.heil.pdf. tanggal akses 11 November 2008, Jam 17.10 WIB.

Jiménez, D.Á. Recent Advances in Branch Prediction. Department of Computer Science Rutgers, The State University of New Jersey. http://ce.et.tudelft.nl/ cecoll/slides/06/0516jimenez.ppt. Tanggal akses 11 November 2008. 20.30.

Stallings, W. 2003. Computer Organization and Architecture: Designing for Performance. Sixth Edition. Prentice-Hall (Person Education, Inc.). New Jersey. 815p.

http://cse.stanford.edu/class/sophomore-college/projects-00/ risc/pipelining/index.html. Tanggal akses 12 November 2008, Jam 07.17.

_______________________

© 2008. Andri Pranolo
Magister Ilmu Komputer FMIPA UGM Yogyakarta

Memory Mountain

November 18th, 2008

DESKRIPSI

Percobaan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui kecepatan perpindahan data antara memory dan CPU. Tools yang digunakan dalam pengujian ini adalah “Mountain Memory Microbenchmark”. Program ini dapat mengukur kecepatan pada berbagai ukuran dan macam memori pada sebuah komputer.

SPESIFIKASI PERALATAN YANG DIGUNAKAN

1. HP 500 Notebook PC

2. 1 GB RAM Memory

3. Intel® Pentium® M Processor 2.13 GHz

LANGKAH PERCOBAAN

1. Download memory mountain

2. Compile memory Mountain

3. Jalankan memory Mountain dan Rekam data yang dihasilkan

lANGKAH 1: Download Mountain

1. Membuat direktori khusus untuk menyimpan memory mountain hasil download (optional), misal hasil download akan disimpan di desktop pada direktori mountain:

Buka aplikasi Terminal atau Konsole untuk command line

> dikti@dikti-laptop:~$

Masuk ke Desktop

> dikti@dikti-laptop:~$ cd Desktop

Buat direktori mountain (optional)

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop$ mkdir mountain

Masuk Ke direktori mountain

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop$ cd mountain

2. Memulai mendownload Mountain Memory.

> wget [alamat url] missal fila yang dihasilkan adalah mountain.tar

LANGKAH 2: Compile Mountain Memory

1. File memory miuntain yang telah di download tadi, kemudian di ekstrak. Pastikan posisi kursor tetap madi direktori mountain.

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop/mountain$ tar -xf mountain.tar

2. Masuk ke direktori mountai

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop/mountain$ cd mountain

3. Lakukan compile pada ketiga file, yaitu mountain.c, fcyc2.c, dan clock.c untuk mendapatkan executable file

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop/mountain/mountain$

gcc -O -o mountain mountain.c fcyc2.c clock.c

Langkah ini akan menghasilkan sebuah file yang bernama mountain

LANGKAH 3: Compile dan rekam hasil

Tetap dalam direktori mountain tempat file-file mountain tersimpan kemudian ketikkan command ./mountain untuk menjalankan file executgable memory mountaian untuk mendapatkan hasil

> dikti@dikti-laptop:~/Desktop/mountain/mountain$ ./mountain

Hasilnya dapat dilihat pada bagian lampiran.

BEBERAPA ISTILAH

1. Miss Rate : Persentase referensi memori yang tidak ditemukan dalam cache (miss/referensi). Umumnya 3-10% untuk L1, < 1% untuk L2.

2. Hit Time : Waktu untuk mengirimkan data dari cache ke prosesor (termasuk waktu untuk menentukan apakah data tersebut terdapat dalam cache). Umumnya 1 siklus clock untuk L1, 3-8 siklus clock untuk L2.

3. Miss Penalty: Waktu tambahan yang diperlukan karena terjadi miss. Umumnya 25-100 siklus untuk main memory

4. Throughput (bandwidth): Banyaknya byte yang terbaca dari memori setiap detik (MB/detik). Ukuran throughput sebagai fungsi dari spatial locality dan temporal locality.

Hasil